Berlayar di Jurang Tembelan Kanigoro, Yogyakarta

Terinspirasi dari suksesnya wisata alam yang ada di kawasan Mangunan seperti Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus Mangunan dan Puncak Becici. Masyarakat sekitarnya pun memiliki ide atau gagasan untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah objek wisata baru yang menarik perhatian para wisatawan yang rela datang jauh-jauh ke tempat ini. Salah satu objek wisata yang sedang populer di masyarakat adalah Jurang Tembelan Kanigoro. Kawasan ini merupakan objek wisata yang bereada di atas tanah pribadi. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat di daerah ini telah mampu melihat peluang usaha dari pariwisata.

Jurang Tembelan Kanigoro sangat terkenal oleh para netizen dan merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan untuk berselfie atau mengambil gambar mereka dengan latar pemandangan yang spektakuler. Pemandangan di kawasan ini sangat indah wisatawan bisa melihat keindahan lembah yang ada di bawahnya. Aliran Sungai Oya yang mengalir menambah keindahan pemandangan di tempat ini. Udara yang segar membuat pengunjung betah berada di tempat ini lama-lama.

Yang menjadi daya tarik dari Jurang Tembelan Kanigoro adalah tempat selfie-nya yang berbentuk kapal atau perahu. Terdapat dua buah perahu yang tersusun dari kayu dan juga bambu. Pengunjung bisa memilih salah satu dari perahu tersebut untuk digunakan sebagai tempat selfie atau foto. Perahu tersebut terkenal dengan sebutan Kapal Titanic Jurang Tembelan. Bagi wisatawan yang berfoto diatas perahu ini tidak dipungut bayaran dan hanya dimintai dana sukarela. Selain perahu, terdapat beberapa pilihan bagi wisatawan untuk selfie.

Lokasi Jurang Tembelan Kanigoro:

Jurang Tembelan ini berada di Dusun Kanigoro, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Untuk sampai di lokasi ini diperlukan waktu sekitar satu jam dari Kota Jogja mengunakan kendaraan pribadi. Tempatnya berada di dekat Kebun Buah Mangunan. Jadi wisatawan tinggal mengikuti petunjuk arah menuju Kebun Buah Mangunan dan nanti di pertigaan ambil arah ke kiri (jika ke Kebun Buah Mangunan Ambil arah kanan)sebelum gerbang Kebun Buah Mangunan wisatawan tinggal belok kiri.

Tips Wisata Jurang Tembelan:

  1. Jika datang subuh pakaialah jaket atau baju hangat untuk menghindari dinginnya udara malam.
  2. Gunakan alas kaki seperti sepatu yang nyaman di kaki.
  3. Jangan takut saat ambil foto karena aman.
  4. Jagalah kebersihan kawasan wisata Jurang Tembelan.