Pandangan Pertama di Pulau Harapan

Sehabis ditimbang-timbang dan juga ditimang-timang seperti anakku sayang, finally dengan amat terpaksa, kujatuhkan opsi untuk liburan ke pulau harapan. Awal mulanya pengen banget ke krakatau. Tetapi ketika mengamati di sebagian forum jalan-jalan, kayaknya di hari yang sama, gunung ini hendak diserbu ribuan manusia. Well, kebayang deh gimana sesaknya. Kalo ke ujung kulon, agenda baliknya tidak hendak keburu pesawat. Ya sudah, pulau harapan aja.

Kurang lebih sejam, saya disuguhi panorama alam laut yang kotor. Kotor banget. Amat kontras dengan laut di tobelo, yang walaupun di dekat pemukiman ataupun pasar, tetapi airnya masih sejernih kristal dengan ribuan ikan yang berenang leluasa. Kian lama, air laut terus menjadi berangsur jernih.

Sejauh ekspedisi, kami memandang gugusan indah pulau-pulau di kepulauan seribu. Salah satu yang saya ingat itu pulau tidung. Paling tidak itu yang saya dengar dari pemandu wisata kelompok sebelah. Dari jauh nampak indah. Tetapi katanya lagi sudah tidak sebagus dahulu. Saat ini sudah banyak sampah. Tentu aja prihatin mencermatinya.

Akhirnya sampai jua di pulau harapan. Kesan pertama? indah. Ya indah sekali. Terlebih lagi saat sebelum menepi, dari kejauhan aja sudah nampak indahnya. Pulau-pulau di sekitarnya juga turut memenuhi keindahannya. Banyak sekali wilayah dangkal yang amat bagus, nampak dari corak lautnya yang hijau cerah dari kejauhan. Pulaunya nampak sudah terpelihara. Sudah banyak rumah-rumah penduduk dan juga nampak agak modern daripada pulau-pulau kecil yang sepanjang ini sempat saya kunjungi. Kayak namanya, pulau harapan, ya segenap harapan juga ku gengam dalam diri, mudah-mudahan saya dapat enjoy dengan perjalananku kali ini, dan juga dapat berulang dengan selamat.

Untung di pulau ini ada signal. Briefing sebentar, setelah itu mengarah homestay. Kayaknya penduduk di mari sudah terbiasa dengan pendatang. Ini nampak dengan homestay yang banyak dan juga penduduk yang mayoritas ibu-ibu yang kesana kemari bawa santapan buat tamu. Ada aktivitas perekonomian rakyat yang menggunakan zona wisata nyatanya di mari. yah, tentu aja suatu yang positif dan juga pantas ditiru wilayah yang lain.

Nah, kami menggunakan jasa wisata milik WisataPulauHarapan.co.id. Dijamin pelayanannya mantap dan nyaman.