Cara Menjalankan Usaha Catering

Cara Menjalankan Usaha Catering

Usaha catering jogja memang akhir-akhir ini menunjukan kenaikan permintaan yang pesat. Bahkan di beberapa daerah usaha catering telah menjadi ladang bisnis yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi. Beberapa pelaku usaha pun mulai merubah mindset mereka menjadi pengusaha catering, sebagai contoh ibu-ibu rumah tangga, pengusaha rumah makan, pekerja pabrik bahkan pekerja kantoran. Selain memiliki keuntungan yang besar, bisnis ini pun bisa dijadikan bisnis sampingan karena dikerjakan dengan santai. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini saya akan memberikan masukan tentang cara menjalankan usaha catering, semoga dapat bermanfaat untuk anda :

  1. Siapkan modal

Siapkan modal terlebih dahulu, karena dapat dikatakan modal itu adalah hal yang paling penting untuk langkah awal membuka suatu usaha, tanpa ada modal anda akan sulit untuk memenuhi kebutuhan yang akan digunakan. Anda dapat mencari modal melalui join dengan teman, uang tabungan anda atau meminjam di bank. Setelah itu buat perencanaan yang matang, misalnya apa saja yang anda butuhkan, langkah-langkah apa saja yang harus anda jalani.

 

  1. Peralatan yang dibutuhkan

Anda memang sudah seharusnya mempunyai peralatan yang digunakan untuk mengerjakan pesanan catering anda. Peralatan itu terdiri dari peralatan memasak, peralatan menyajikan dan peralatan untuk makan. Jika ada yang belum anda punyai, anda dapat membeli terlebih dahulu, tetapi sesuaikan dengan kebutuhan dan modal yang tersedia. Untuk mengurangi biaya membeli alat, anda dapat menggunakan alat yang ada di dapur rumah anda. Pada dasarnya sama saja peralatan memasaknya yang membedakan hanya ukuran alat yang digunakan, karena untuk memasak dalam jumlah porsi yang banyak.

 

  1. lokasi usaha

Anda harus menentukan lokasi usaha anda, jika anda menggunakan toko, anda dapat mencari tempat yang strategis dan ramai dengan orang yang berlalu-lalang. Anda juga dapat menggunakan rumah anda sebagai lokasi usaha anda. Yang harus diingat yaitu jika anda telah menentukan lokasi usaha berarti anda telah siap dengan resiko yang ada. Misalnya jika anda mengerjakannya dirumah, pekerjaan rumah anda terganggu atau dapur rumah anda menjadi penuh dan agak kotor.

 

  1. Mencari karyawan

Setelah anda telah siap dengan lokasi, peralatan dan modal, selanjutnya anda mencari karyawan yang dapat membantu mengerjakan pesanan catering anda. carilah beberapa orang terlebih dahulu untuk membantu anda, agar anda dapat mengatur keuangan anda dan mengontrol pengeluaran dan pemasukan. Pilih karyawan yang rajin, jujur dan minimal mengerti tentang kuliner dan dapat memasak.

 

  1. Promosi yang tepat

Setelah semuanya telah siap, anda mempromosikan usaha anda kepada teman dekat, saudara, pekerja kantoran atau karyawan pabrik. Anda dapat melakukan promosi menggunakan media yang sedang kekinian misalnya sosial media seperti facebook, twitter, instagram atau website yang dapat menjangkau calon konsumen yang lebih jauh.