Pengertian, Fungsi, Jenis, Kelebihan dan Kelemahan Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) dalam Jaringan Komputer

Pengertian Kabel UTP dalam Jaringan Komputer

Tutorial Komputer – Apa yang biasa disebut sebagai kabel Twisted Pair Unshielded atau kabel UTP adalah kabel tersusun dari dua, empat atau lebih pasang kabel, yang dipelintir dan diputar bersamaan untuk mengurangi interferensi listrik. Ini adalah sepasang kabel. Kabel UTP yang paling umum digunakan dalam jaringan komputer terdiri dari empat pasang kabel / 8 kabel dengan berbagai warna. Kabel UTP dapat memiliki kecepatan transfer 10 Mbps sampai 100 Mbps, namun jarak maksimumnya 100 m. Namun, karena kategori didefinisikan secara jelas dalam kabel UTP itu sendiri, kabel utp dari setiap kategori memiliki fungsi yang berbeda.

Fungsi Kabel UTP dalam Jaringan Komputer

Untuk kabel UTP di jaringan komputer, hubungkan perangkat (printer, komputer, server, access point, switch, hub, router) pada jaringan sehingga masing-masing perangkat di jaringan saling berkomunikasi dan membentuk jaringan komputer. Saya punya peran yang harus dilakukan. Saya akan sadar.

Jenis kabel UTP di jaringan komputer berdasarkan identifikasi kabelSaat kita menggunakan kabel UTP untuk membangun jaringan komputer, kita harus bisa mengidentifikasi dengan kedua sisi dan mengecek ujung kabelnya. Kabel UTP adalah sama, bedanya adalah bahwa dalam terminologi komputer pemasangan kabel dikenal sebagai kabel lurus dan kabel silang, masing-masing jenis kabel ini memiliki fungsi yang berbeda. Untuk mengidentifikasi kabel ini, Anda perlu memeriksa pinnya. Sebenarnya ada dua macam standar.

  1. T568 – A Ini adalah kabel UTP tipe LAN lurus dengan kedua ujung penempatan kabel pada konektor RJ-45 2-pin. Kebel digunakan untuk menghubungkan dua perangkat yang berbeda, seperti router, switch dan router dan switch, komputer dan komputer.
  2. T568-B adalah tipe kabel crossover LAN UTP. Anda dapat dengan hati-hati melihat kabel crossover ini, sepasang pin 2 dan 6, dan tempat bertukar pin pasangan 1 dan 3. Beralih dengan switch, komputer dan komputer: Kabel crossover bekerja untuk menghubungkan kedua perangkat ini sama.


Kabel UTP tipe kabel UTP menurut kategori
1. Kategori (CAT) 1 Ini digunakan untuk telepon telekomunikasi, tidak sesuai untuk transmisi data.
2. Kategori (CAT) 2 Tipe UTP ini bisa mentransmisikan data dengan kecepatan hingga 4 Mbps.
3. Kategori (CAT) 3 Digunakan untuk mendukung transmisi dengan kecepatan hingga 10 Mbps.
4. Kategori (CAT) 4 Digunakan untuk menampung transmisi dengan kecepatan hingga 16 Mbps.
5. Kategori (CAT) 5 Apakah saat ini Anda menggunakan jenis jaringan komputer yang paling umum di seluruh dunia? Mendukung transmisi dengan kecepatan hingga 100 Mbps
Keuntungan dan kerugian dari kabel UTP di jaringan komputer

Manfaat kabel UTP:
• Harga relatif murah dan mudah didapat
• Pemasangannya mudah, namun Anda perlu memahami konsep pemasangan kabel
• Ukuran kecil
Kegagalan kabel UTP:
• Rentan terhadap gangguan elektromagnetik
• Karena jaraknya hanya 100 m, jika Anda ingin menghubungkan jarak jauh, Anda memerlukan pengulang.