Pengertian Jaring-jaring Makanan Beserta Contohnya

Pengertian Jaring-jaring Makanan Beserta Contohnya

JARING-JARING MAKANAN –  Pada suatu ekosistem alam, mesti adanya berlangsung sesuatu kaitan antara lingkungan serta organisme yang hidup di dalamnya. kaitan yang timbul terhadap tiap ekosistem alam itu, begitu kompleks serta saling memberi efek antara satu setara lainnya
Interaksi antar unsur non-hayati dengan hayati menciptakan suatu proses ekologis yang biasa kita kenal sebagai ekosistem.

Dalam pola kaitan antara tiapunsur dalam ekosistem tersebut juga mempengaruhi aliran energi, jaring-jaring makanan, serta rantai makanan. lantas apakah itu rantai serta jaring-jaring makanan?

Agar kamu lebih mengerti serta memahaminya terhadap makalah kali ini kami akan membahas secara rinci mengenai pengertian serta misal jaring-jaring makanan. Pembahasan lebih mendalam akan kami bahas terhadap paragraf selanjutnya.

Pengertian Jaring-jaring Makanan

jaring jaring makanan
savannabiomeassignment.weebly.com

Pengertian jaring-jaring makanan ialah gabungan dari sebagian rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan. Oleh pasal itu, dapat disimpulkan jikalau rantai makanan ialah area dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi.

Lalu, apakah yang membedakan rantai makanan dengan jaring-jaring makanan? Organisme yang terkumpul terhadap jaring-jaring makanan memilikisebagian jenis oragnisme yang bisa dipilih menjadi makanannya.

BACA JUGA : Ciamis

Sedangkan terhadap rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen cuma mempunyai satu choices makanan saja. walaupun tersedia beberapa, tetapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang adanya terhadap jaring-jaring makanan.

Contoh Jaring-jaring Makanan

jaring jaring makanan
biologisma.com

Terkandung sebagian misal jaring-jaring makanan yang dikelompokkan rujukan oleh habitat kehidupannya. misalnya ialah jaring-jaring makanan buathabitat terdefinisi jelasterkandung sekitar 13 mahluk hidup yang terkandung dalam sesuatu siklus jaring-jaring makanan.

Mahluk hidup tersebut ialahphytoplankton, zoopllankton, udang, ikan, burung camar, rumput laut, kepiting, gurita, pinguin, anjing laut, gajah laut, paus biru, serta paus pembunuh Dari 13 misal mahluk hidup tersebut bisa dikelompokkan menjadi sebagian siklus rantai makanan, seperti:

Jaring-jaring makanan dengan produsen phitoplankton:
• Phitoplankton, udang, paus biru
• Phitoplankton, udang, ikan kecil, anjing laut, paus pembunuh
• Phitoplankton, zooplankton, ikan kecil, anjing laut, paus pembunuh
• Phitoplankton, udang, ikan kecil, burung camar, anjing laut, paus pembunuh
• Phitoplankton, zooplankton, ikan kecil, burung camar, anjing laut, paus pembunuh

Contoh jaring-jaring makanan dengan produsen rumput laut:
• Rumput laut, kepiting, cumi-cumi, pinguin, anjing laut, paus pembunuh
• Rumput laut, kepiting, cumi-cumi, pinguin, paus pembunuh
• Rumput laut, kepiting, cumi-cumi, anjing laut, pasu pembunuh

 

Jaring-jaring Makanan

jaring jaring makanan laut
thekingslau.blogspot.co.id

Didasarkan misal di atas, bisa ditarik hipotesa sederhana jikalau dari 13 mahluk hidup yang adanya dalam sesuatu jaring-jaring makanan terkandung 8 rantai makanan lain halterhadap tiap rantai makanan, paus biru serta paus penghancur menjadi mahluk hidup yang menjadi konsumen puncak Di sisi lain, rumput laut serta phytoplankton menjadi produsen terhadap jaring-jaring makanan tersebut. Berikut ini sebagian hipotesa yang dapat diambil dari misal di atas :

• Organisme yang masuk ke dalam siklus jaring-jaring makanan tak sesegera mungkin terlibat dalam semua rantai makanan yang terjadi

• Jaring-jaring makanan tersebut dibagi menjadi 2 kelompok didasarkan produsen utamanya, yaitu phytoplankton serta rumput laut 

• Pada siklus makanan dengan produsen phytoplankton, zooplankton serta udang menjadi konsumen status 1. Ikan kecil jadi konsumen status 2, burung camar serta anjing laut menjadi konsumen status 4, paus biru serta paus penghancur menjadi konsumen status akhir 

• Pada jaring-jaring makanan dengan produsen rumput laut, kepiting menjadi konsumen status 1, gurita jadi konsumen status 2, pinguin serta gajah laut sebagai konsumen 3, anjing laut konsumen status 4, serta paus penghancur sebagai konsumen status akhir

• Konsumen layaknya anjing laut, paus pembunuh, serta ikan kecil memiliki sebagian choices organisme buat dimakan.

Dalam sesuatu ekosistem, ketersediaan atau hitungan populasi organisme dalam sesuatu jaring-jaring makanan akan memberi efek keseimbangan sesuatu ekosistem. misalnya ialahbila hitungan organisme yang menjadi produsen merasakan kepunahan, tersebutkan semua proses jaring-jaring makanan pasti terganggu